Selasa, 26 Januari 2010

Apakah Kritik itu Membangun?

Apa yang Anda rasakan saat seseorang mengkritik Anda? Saya sendiri secara jujur sakit hati, tersinggung atau kecewa. Memang bagi saya, kritik tidak membuat saya hancur tetapi bisa dijadikan hikmah dan perbaikan untuk kedepannya. Tapi itu saya atau Anda yang memiliki pikiran positif (insya Allah), tetapi belum tentu dengan orang lain. Saat kritik muncul kebanyakan orang selalu mencari pembenaran, intinya kritik tidak disukai oleh kebanyakan orang. Anda suatu posting menarik yang bisa kita ambil hikmahnya.

Posting ini menceritakan seorang wanita yang menjadi penyanyi karena justru karena bebas dari kritikan. Anda bisa membacanya disini. Sungguh cerita yang bagus dan memberikan hikmah kepada kita. Saya tidak tahu apakah cerita ini nyata atau fiktif, tetapi jelas akan memberikan hikmah kepada kita.

Jika ditinjau dari ilmu berpikir positif memang kritik hanya memunculkan pikiran negatif dan membangkitkan emosi negatif juga. Begitu juga jika kita melihat dari konsep Law of Attraction, maka jika kita dikritik maka kita akan fokus kepada kekurangan kita dan kita akan menarik hal kekurangan. Jadi akan muncul sebuah pertanyaan, apakah kritik itu membangun?

Silahkan Anda menjawabnya sendiri. Apapun pendapatkan Anda, ada langkah yang sebaiknya kita ambil berkaitan dengan kritik-mengkritik.

  • Jika Anda dikritik, ambil apa maksudnya, ambil hikmah dan lupakan kritik tersebut. Jika Anda mengingat terus malah akan memunculkan reaksi negatif. Anda akan berusaha “menunjukan”, membalas, atau malah menjadi tidak percaya diri. Lupakan kritik tersebut. Jika Anda meras tersinggung, marah, atau kecewa, cepat saja Anda memaafkan orang tersebut meski hanya dalam hati. Intinya cepat netralkan pengaruh negatif dari sebuah kritik.
  • Jangan minta dikritik. Jika Anda akan meminta masukan, pilihlah orang yang cukup positif sehingga bisa memberikan masukan dengan bijaksana. Namun jika Anda sudah memiliki fokus pada hasil akhir yang baik, tanpa meminta kritik dari orang lain, Anda akan dipandu menuju kebaikan tersebut. Betul, saya tidak suka meminta kritikan dari orang lain. Jadi jangan kritik saya.
  • Jangan mengkritik orang lain. Mungkin maksud Anda baik (betulkah?), tetapi bisa saja hasilnya malah lain. Meski maksud Anda baik, bisa saja Anda malah menghancurkan dia. Carilah cara lain untuk memperbaiki orang tersebut dengan cara yang lebih baik. Akan lebih parah, saat Anda mengkritik dan Anda salah, bisa jadi malah kesan negatif yang diterima oleh orang lain.

Anda boleh berkomentar dan mengemukakan pendapat Anda tentang tulisan saya ini. Tapi tidak perlu mengkririk, saya akan menghapus komentar negatif Anda. Serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar